LAZISMU Kembangkan Potensi Ekonomi melalui Program Pemberdayaan UMKM

Rabu (09/09/2020) bertempat di Aula Madrasah Aliyah Muhammadiyah Purbolinggo, Lampung Timur, dilaksanakan penyerahan bantuan Program Pemberdayaan UMKM LAZISMU kepada 4 (empat) pelaku UMKM di Kabupaten Lampung Timur. Total nilai bantuan sebesar Rp. 2.500.000,- untuk setiap pelaku UMKM. Kepada penerima bantuan Program Pemberdayaan UMKM LAZISMU, diberikan juga bantuan Paket Sembako dari Konsumen Alfamidi senilai Rp. 262.500,-

Sumber dana program ini berasal dari Zakat Wardah Kosmetik (Rp. 306.250.000,-), Donasi Konsumen  Alfamidi (Rp. 600.000.000,-) dan Zakat Maal Terikat Anggoro Cahyo Eko (Rp. 262.500.000,-) yang disalurkan melalui LAZISMU Pusat, dengan total nilai ZIS sebesar Rp. 1.171.750.000,-. Selanjutnya, LAZISMU Pusat menyalurkan melalui 9 (sembilan) LAZISMU Wilayah untuk program Pemberdayaan UMKM, termasuk LAZISMU Wilayah Lampung.

Program Pemberdayaan UMKM merupakan program yang diinisiasi dan didedikasikan oleh LAZISMU untuk mengembangkan potensi ekonomi keluarga dan masyarakat dalam meningkatkan produktifitas dalam mengentaskan kemiskinan, khususnya dimasa pandemi Covid-19. Sasaran program adalah masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19, baik perorangan maupun kelompok. Untuk pelaku UMKM yang sudah memiliki usaha maupun yang akan memulai usaha.

“Salah satu tujuan program ini adalah mengembangkan potensi ekonomi masyarakat berbasis keluarga”, kata Banun Amariyah, Wakil Manajer Area LAZISMU Wilayah Lampung, selaku penanggungjawab program untuk Wilayah Lampung.

Lebih lanjut, Banun Amariyah berharap bahwa program ini dapat membentuk UMKM yang memiliki daya saing dalam dunia usaha, UMKM yang dapat tumbuh dan berkembang menjadi usaha yang tangguh dan mandiri, serta dapat meningkatkan peran UMKM dalam penciptaan lapangan kerja, pemerataan pendapatan, pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

Pada hari yang sama, dilaksanakan juga penyerahan bantuan Program Pemberdayaan UMKM dan bantuan Paket Sembako di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya kepada 10 (sepuluh) pelaku UMKM, Kabupaten Tanggamus kepada 1 (satu) pelaku UMKM, Kabupaten Pesawaran kepada 2 (dua) pelaku UMKM, Kabupaten Tulang Bawang Barat kepada 2 (dua) pelaku UMKM, Kabupaten Tulang Bawang kepada 2 (dua) pelaku UMKM. Menyusul, akan dilaksanakan di Kota Metro kepada 3 (tiga) pelaku UMKM, Kabupaten Lampung Tengah kepada 4 (empat) pelaku UMKM dan Kabupaten Mesuji kepada 2 (dua) pelaku UMKM. Total penerima bantuan Program Pemberdayaan UMKM LAZISMU untuk seluruh Provinsi Lampung sebanyak 30 (tigapuluh) pelaku UMKM.

Ratna Sari, salah satu penerima bantuan Program Pemberdayaan UMKM LAZISMU dari Kabupaten Lampung Timur, menyatakan rasa bahagia dan haru atas program ini. “Sejak bangku SMA dan kuliah, saya sudah berpenghasilan melalui keahlian menjahit pakaian muslimah dan bercita-cita ingin menjadi desainer yang bisa mendukung dakwah melalui pakaian”, ujar Ratna. “Saya ucapkan terimakasih untuk LAZISMU atas bantuan Program Pemberdayaan Ekonomi”, lanjutnya. (bam)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *