Masjid Baitul Maqdis - Kick Off Ramadhan LazisMu Lampung

LAZISMU WILAYAH LAMPUNG LAKSANAKAN KEGIATAN KICK OFF PROGRAM RAMADHAN 1445 H “BACK TO MASJID”

Ahad, 3/3/2024 bertempat di Masjid Baitul Maqdis Kemiling, berlangsung serangkaian kegiatan yang diinisiasi oleh LAZISMU Wilayah Lampung dalam rangka Kick Off Program Ramadhan 1445 H “Back To Masjid”. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kemiling Kota Bandarlampung.

Back To Masjid merupakan program LAZISMU dalam rangka menyemarakkan masjid sebagai pusat dakwah dan pemberdayaan umat/jama’ah. Kegiatan yang dilaksanakan dalam program Back To Masjid antara lain BBM (Bersih-Bersih Masjid), Sajadah (Sedekah Alat Ibadah), dan Rehab (Renovasi Ringan Tempat Ibadah). Pada sesi BBM, dilakukan penyedotan debu karpet atau sajadah panjang, pembersihan plapon, serta pengepelan seluruh area dalam masjid. Pada sesi Sajadah, memberikan bantuan alat ibadah berupa mukena dan sarung. Sedangkan pada sesi Rehab, melakukan pengecatan ulang pagar depan masjid, serta area wudlu dan toilet. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H. Turut mensukseskan kegiatan ini adalah para relawan dari Pimpinan Wilayah Nasyiatul ‘Aisyiyah Lampung, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Lampung, dan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Bandarlampung.

Selain kegiatan utama dalam bentuk BBM (Bersih-Bersih Masjid), Sajadah (Sedekah Alat Ibadah), dan Rehab (Renovasi Ringan Tempat Ibadah), kegiatan Kick Off Program Ramadhan 1445 H ini juga disemarakkan dengan kegiatan Pasar Murah yang dilaksanakan oleh Majelis Ekonomi dan Ketenagakerjaan (MEK) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Lampung. Program Pasar Murah ini didukung oleh LAZISMU Wilayah Lampung dalam bentuk pemberian subsidi sebesar Rp. 20.000,- kepada lima puluh kepala keluarga sebagai penerima manfaat. Program Pasar Murah ini diharapkan dapat terus berlanjut untuk membantu masyarakat kurang mampu dilingkungan masjid atau Amal Usaha Muhammadiyah/’Aisyiyah.

 

Kick Off Program Ramadhan 1445 H “Back To Masjid” juga disemarakkan dengan kegiatan penanaman pohon dan pembuatan lubang biopori sebagai gerakan aksi dalam rangka menciptakan Masjid Ramah Lingkungan. Sebanyak 5 bibit tanaman buah berhasil ditanam dilingkungan masjid, antara lain kelengkeng, rambutan, jambu jamaika, dan alpukat. Sebanyak 10 titik lubang biopori juga berhasil dibuat dilingkungan masjid. Masjid Ramah Lingkungan merupakan salah satu program unggulan Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung yang turut mendukung program-program pemberdayaan dibidang lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh LAZISMU.

Pada kesempatan ini hadir juga, Erfan Zain, Sekretaris Lembaga Pengembangan Cabang/Ranting dan Pembinaan Masjid (LPCRPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung. LPCRPM merupakan mitra LAZISMU dalam pelaksanaan program Back To Masjid, khususnya dalam pengelolaan manajemen masjid sehingga menjadi masjid dengan kualifikasi unggul.

Ketua Takmir Masjid Baitul Maqdis, Firmansyah, menyambut baik dan mengucapkan terimakasih atas program Back To Masjid LAZISMU ini. “Alhamdulillah, semoga kegiatan Back To Masjid LAZISMU ini menambah kualitas ibadah seluruh jamaah masjid Baitul Maqdis Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kemiling di bulan Ramadhan tahun ini”, pungkas Firmansyah.

Sementara itu, Manajer Area LAZISMU Wilayah Lampung, Banun Amariyah, mengatakan bahwa pada Ramadhan 1445 H, selain program Back To Masjid, LAZISMU memiliki beberapa program unggulan lain yang dilaksanakan serentak secara nasional, yaitu Tebar Takjil, Pesantren Mu’allaf, Pesantren Lansia, Kado Ramadhan, dan Mudikmu Aman. Program-program tersebut dilandasi oleh semangat memberi untuk negeri dengan mengajak kaum muslimin secara bersama-sama saling membantu dan tolong menolong untuk menyalurkan zakat, infaq dan shadaqahnya melalui LAZISMU sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. “Maka LAZISMU pada Ramadhan 1445 H ini mengangkat tema besar Zakat untuk Negeri”, terang Banun.

Share this post